11 Permainan Tradisionil Anak Indonesia & Langkah Bermainnya

Posted on

Tidak dapat disangkal perkembangan Industri gaming di Indonesia ikut menggerus kehadiran tipe permainan tradisionil yang perlahan-lahan mulai dibiarkan. Lebih generasi milenial saat ini yang semakin pilih bermain game online daripada bermain permainan yang dipandang kuno ini.

Bermain game di hp memang hebat sich, tetapi rupanya permainan tradisionil asli Indonesia berikut ini tidak kalah membahagiakan lho dibanding banyak tipe game online di luaran sana. Yuk kita baca ada permainan apa, sekalian bernostalgia kembali kenang game kuno 90an yang benar-benar terkenal ini.

Petak Umpet

Permainan pertama yang tidak kalah hebat dari game online ialah petak umpet. Entahlah siapa yang pertama-tama mencetuskan permainan ini. Konon, permainan ini telah ada semenjak era kedua yang diketahui dengan nama Apodidraskinda. Tipe permainan tradisionil petak umpet ini tidak cuma terkenal di Indonesia saja, tetapi di sejumlah negara.

Di Israel contohnya, permainan ini diketahui dengan nama Machboim, sesaat warga Korea Selatan mengatakan Sumbaggoggil. Di Indonesia sendiri oleh warga Jawa petak umpet dikenal dengan nama Delikan, sedang orang Sunda mengatakan Ucing Sumput. Walau mempunyai nama yang berlainan tetapi ketentuan dalam permainan ini masih sama yaitu bersembunyi serta mencari.

Petak umpet dapat dimainkan dengan minimum dua pemain, tetapi semakin lebih hebat bila menyertakan semakin beberapa pemain. Kembali lagi mengingat waktu dulu, hal yang sangat membahagiakan di dalam bermain petak umpet ialah saat cari rekan yang bersembunyi. Dimana waktu cari pemain yang bersembunyi itu, penjaga harus juga jaga bentengnya dari pemain lain.

Anak kecil dahulu kala umumnya bermain petak umpet di saat sore sebelum matahari terbenam dengan ajak lebih dari pada 10 bocah kecil untuk bermain bersama-sama. Nah, bila ada yang memainkannya di saat malam itu namanya kurang kerjaan, main ama siapa tonk?

Bola Bekel

Seperti namanya, untuk dapat bermain permainan tradisionil ini Kamu perlu beberapa benda seperti bola serta biji bekel. Sepintas permainan ini nampak gampang, tetapi aslinya tidak segampang yang dipikirkan. Diperlukan kerja sama yang baik di antara kejelian mata serta kecepatan tangan waktu mengorbitkan bola bekel keatas.

Ada enam biji bekel yang perlu dipegang cukup dengan satu tangan dan dengan bolanya. Waktu bola di lambungkan ke atas, ke enam biji bekel yang ada di tangan harus dilepaskan dengan cara bertepatan. Saat bola dalam tempat membumbung serta cuma bisa membal sekali, karena itu pemain harus secepat-cepatnya ambil satu per satu biji bekel. Biasanya, bola bekel dimainkan oleh anak wanita. Tetapi cukup banyak juga anak lelaki yang ikut memainkannya.

Gundu atau Kelereng

Sang kecil memiliki motif unik ini sudah lama jadi sisi dari permainan yang temani waktu kanak-kanak. Gundu kemungkinan telah jarang-jarang didapati di perkotaan, tetapi wilayah tepian kota Indonesia yang masih tetap kental nuansa tradisionil nya, kelereng atau gundu tetap jadi permainan yang sering dimainkan beberapa anak di pedesaan untuk isi waktu luang.

Bermain kelereng tidak dapat dilaksanakan sendiri, Kamu harus cari minimum seseorang lagi menjadi musuh bermain. Seperti permainan tradisionil yang lain, bermain kelereng semakin lebih hebat bila dimainkan dengan pemain dalam jumlah banyak, lebih bocah semua didalamnya.

Minimal ada empat langkah bermain kelereng yang seringkali dipakai, pertama permainan kelereng dengan membuat lingkaran, panah, lubang, serta kubah. Ketentuan bermain gundunya lumayan sederhana, bila gundu kita tentang beberapa gundu lain karena itu gundu musuh itu bisa menjadi punya kita.

Lompat Tali

Permainan tradisionil setelah itu yang tidak kalah hebat dengan game online ialah lompat tali. Biasanya tali yang dipakai dalam permainan ini datang dari karet gelang yang telah dipintal demikian rupa sampai membuat tali yang panjang untuk dilompati.
Langkah bermain lompat tali cukup gampang, siapakan dua orang untuk pemegang tali serta yang lain bekerja melompati karet dengan bermacam halangan ketinggian. Dari mulai semata-mata kaki, sedengkul, setinggi perut, setinggi dada, setinggi leher, setinggi kuping, setinggi kepala sampai semerdeka (tangan diacungkan keatas). Bila ada pemain yang sukses melompati ketinggian terakhir dialah sebagai juara.

Egrang

Belum tahu dengan cara tepat darimanakah Egrang berasal, tetapi ada yang menyebutkan jika tipe permainan tradisionil ini dipopulerkan oleh warga Indonesia, terutamanya wilayah Jakarta (bener tidak nya cari info sendiri). Tidak seperti lompat tali, bermain egrang dapat dimainkan dengan cara individu.

Egrang dibikin dengan cara simpel dengan manfaatkan tangkai bambu (lurus) dengan panjang lebih satu mtr.. Pokok dari permainan egrang ialah jaga kesetimbangan badan. Tanpa ada kesetimbangan yang baik, pemain akan seringkali terjatuh. Tinggi egrang berbagai macam umumnya bergantung tinggi tubuh sang pemain. Yang pasti, di dalam bermain egrang tempat badan sang pemain semakin lebih tinggi seperti orang naik ke atas meja.

Benteng atau Gobak Sodor

Benteng Sodor atau Gobak Sodor ialah permainan barisan atau group, dimana setiap group diisi seputar 3-5 orang. Semasing group akan sama-sama berganti-gantian menghalang musuh supaya tidak dapat melalui baris ke baris paling akhir dengan cara bolak-balik.

Gobak Sodor umumnya dimainkan di tanah lega dengan membuat garis kotak persegi panjang dari kapur. Seperti game perang, gobak sodor memerlukan taktik untuk memenangi permainan. Diantaranya taktik nya ialah dengan membagi anggota group jadi striker serta penjaga.

Buat anggota group yang memperoleh pekerjaan untuk jaga karena itu mereka harus jaga benteng dari musuh yang ingin melalui benteng itu. Disamping itu anggota group yang memperoleh pekerjaan untuk striker harus berupaya cari sela supaya bisa melalui garis musuh.

Bentik atau Gatrik

Berikut permainan tradisionil termurah yang sempat ada, cuma dengan bekal 2 buah potong kayu atau bambu kecil Kamu bisa bermain Gatrik. Biasanya kayu atau bambu yang dipakai seperti tongkat memiliki ukuran kurang lebih 30 cm serta kayu yang lain memiliki ukuran semakin kecil.

Langkah bermain Gatrik cukup gampang, pertama letakan kayu atau bambu antara dua batu, selanjutnya jam bambu itu dengan kayu yang semakin panjang. Bila ada pemain yang tidak berhasil memukul atau meleset karena itu ia akan mendapatkan hukuman. Umumnya hukumannya ialah menggendong dengan dasar jarak dari batu sampai ke bambu kecil yang di jam.

Bola Boy

Bola Boy dimainkan dengan memakai bola kasti serta pecahan darurat yang diatur bertumpuk. Terlebih dulu tetapkan seseorang untuk penjaga, dimana penetapan penjaga ini dapat dilaksanakan dengan suit, hompimpa, gambreng atau gola kopit.

Tiap pemain (terkecuali penjaga) akan melempar bola kasti mengarah tumpukan darurat sampai rubuh. Waktu bola tentang darurat serta rubuh karena itu penjaga harus ambil bola serta melemparnya sampai tentang pemain lain. Saat sang penjaga repot melempar bola, pemain lain dapat manfaatkan peluang untuk membuat kembali lagi tumpukan yang telah rubuh.

Ular Naga Panjang

Permainan ini diberi nama ular naga sebab dalam game ini pemain akan membuat barisan memanjang seperti ular. Dahulu permainan ini benar-benar disenangi beberapa anak sebab gampang dimainkan. Pemain ular naga panjangnya umumnya dimainkan seputar 5-10 orang dengan rawan umur sekitaran 5 sampai 12 tahun.

Dua orang akan bekerja untuk penjaga dengan berhadap-hadapan serta sama-sama berpegangan tangan membuat gerbang, sesaat pemain yang lain akan bergerak melingkar melalui gerbang sekalian menanyikan lagu Ular Naga Panjang. Waktu lagu habis, penjaga gerbang akan tangkap barisan anak yang bergerak melalui dibawahnya. Kira-kira semacam ini lirik lagunya:

Ular naga panjangnya bukan kepalang, Menjalar-jalar tetap semakin kesini, Umpan yang lezat itu yang dicari, Sekarang si dia yang terbelakang

Engklek

Permainan yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi di telinga kita, terutamanya warga di perkampungan. Konon engklek bukan permainan asli warga Indonesia, tetapi dibawa oleh bangsa Belanda ke nusantara dengan nama tradisionil “zondag-mandaag” atau dalam bahasa Inggris disebutkan hopscotch.

Permainan Engklek benar-benar bermacam memiliki bentuk, biasanya engklek dimainkan dengan manfaatkan satu bagian datar yang digambar berupa kotak, pesawat, gunung atau baling-baling memakai kapur atau pecahan darurat.

Engklek dimainkan dengan melonjak dengan satu kaki pada setiap kotak yang sudah dibikin. Tetapi, pemain diperkenankan untuk menempatkan ke-2 kakinya dengan cara bertepatan, spesial untuk kotak-kotak yang terletak berdekatan seperti sayap. Setiap lompatan dilaksanakan dengan cara berurutan dari mulai kotak yang terdekat dengan pemain sampai kotak yang sangat ujung sekali.

Layang – Layang

Antara banyaknya permainan tradisionil di Indonesia, layang-layang termasuk juga permainan yang sangat terkenal. Ini sebab layang-layang jadi salah satunya permainan yang masih tetap seringkali dimainkan oleh beberapa anak serta orang dewasa sampai hingga sekarang ini, baik itu di kota besar atau di pedesaan.

Layang – layang umumnya dimainkan di ruang terbuka (tidak kemungkinan dong di rumah), maksudnya pasti agar semakin gampang terbang sebab memperoleh hembusan angin yang cukup. Salah satunya hal menarik dalam permainan ini ialah waktu bagaimana mengikat tali dibagian ujung serta tengah yang tuturnya benar-benar tentukan arah terbangnya. Apa layangan akan terbang dengan mulus atau berputar sampai pada akhirnya nyungsep.

Masa lalu lain yang tidak terlewatkan di dalam bermain layang-layang ialah waktu ada layangan putus. Dengan cara spontan beberapa anak akan berlarian memburu layangan itu walau jarak jatuhnya sangat jauh. Ada pantangan spesial yang tidak bisa dilaksanakan dalam permainan ini, yaitu jangan bermain layang – layang waktu hujan. Bukanlah terbang, yang ada layangan Kamu justru lepek serta sobek.

Nah apakah ada antara kalian yang masih tetap senang beberapa macam permainan tradisionil asli dari Indonesia di atas? Tidak kalah membahagiakan tidak dari game online paling baik yang ada sekarang ini? tunggu terus kabar paling baru serta terupdate sekitar game, anime serta handphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *