Fortnite Sediakan Fitur Video Chat di Dalam Game

Posted on

Fortnite Sediakan Fitur Video Chat di Dalam Game – Layanan percakapan suara, alias voice chat merupakan sebuah fitur lazim di game online yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar pemain. Salah satu game online besutan Epic Games (Epic), Fortnite, bakal menghadirkan metode komunikasi yang lebih canggih, yakni percakapan lewat panggilan video ( video chat), seperti dalam aplikasi telekonferensi.

Fortnite Sediakan Fitur Video Chat di Dalam Game

Tampilan video chat di Fortnite via aplikasi Houseparty.

Alih-alih terintegrasi di dalam Fortnite, layanan video chat tersebut mengandalkan platform media sosial berbasis video, Houseparty. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu memasang aplikasi Houseparty di smartphone. Aplikasinya bisa diunduh di sini (Android) atau di sini (iOS). Setelah itu, pengguna perlu menghubungkan akun Houseparty dengan akun Epic yang dipakai bermain Fortnite.

Caranya adalah dengan meng-klik sebuah ikon yang terletak di deretan menu atas. Ikon ini menyerupai sebuah “TV” dengan sentuhan huruf “F” di bagian tengahnya. Apabila sudah terhubung, pemain bisa menambahkan pemain lainnya yang juga sudah menghubungkan akun Houseparty dan Epic, agar bisa bergabung di ruangan virtual Houseparty dan memulai percakapan video.

Nantinya, tampilan video chat yang terpampang di aplikasi Houseparty juga bakal bisa dilihat di game Fortnite, tepatnya di deretan jendela video chat di sebelah kiri tampilan game. Belum bisa digunakan Meski sudah diumumkan, dari pantauan KompasTekno, Kamis (19/11/2020), fitur ini tampaknya masih belum bisa digunakan. Sebab, KompasTekno tidak menemukan ikon TV yang dilengkapi dengan logo “F” tadi di aplikasi Houseparty.

Informasi serupa juga disampaikan oleh akun resmi @houseparty di Twitter. Akun ini belum mengungkap kapan fitur tersebut akan bisa digunakan, tapi berjanji bakal memberikan kabar terkini terkait rencana kehadiran fitur video chat di Fortnite. Epic sendiri telah memastikan bahwa fitur ini untuk sementara waktu hanya bisa digunakan di Fortnite versi PC, PlayStation 4 (PS4), dan PlayStation 5 (PS5) saja. Ketersediaan di platform lain, apabila memungkinkan, bakal diumumkan di kemudian waktu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari EpicGames.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *