Ingin Deteksi Account Bot di Twitter? Pakai Botometer

Posted on

Greatplacetowork-europe, Di Indonesia, Twitter jadi sosial media yang punya pengaruh dalam membuat suatu rumor atau tema perbincangan jadi ramai alias trending. Contohnya, saat satu momen berlangsung, hal itu akan hangat dibicarakan di Twitter.

Tetapi, kadang hilir-mudik kesibukan di Twitter itu tidak ada dengan alamiah, tetapi dipacu oleh account bot alias account palsu. Account bot adalah account yang diprogram oleh computer yang dikontrol oleh manusia.

Account bot mempunyai arah yang berbagai macam, dari mulai menebar kabar palsu (hoax), merekayasa info, sampai membawa pendapat publik. Tetapi jangan cemas, account bot sekarang dapat diketahui dengan gampang.

Network Science Institute di Indiana University membuat platform yang namanya Botometer. Platform ini memakai tehnologi machine learning yang diprogram untuk mengetahui kesibukan satu account Twitter berdasar tanda spesifik serta hasil akhir (output) diberi score apakan account itu termasuk juga bot atau mungkin tidak.

Langkah memakai platform ini cukup gampang. Botometer kerja memakai alat API di Twitter hingga pemakai harus masuk di account Twitter kepunyaannya dalam Botometer serta setelah itu memeriksa status account Twitter siapa juga.

Dikutip dari situs resminya, Botometer bisa menjaring kesibukan atau ciutan sekitar 200 ciutan paling akhir account yang dicari. Disini akan nampak 1.200 feature tentang profile account, jaringan persahabatan, skema kesibukan atau waktu, bahasa, serta sentimen spesifik.

Setelah itu, dari feature itu akan ada score sebagai tanda yang sekitar di antara 0-5. Score paling tinggi memberikan indikasi

jika account Twitter itu kemungkinan ialah account bot, sesaat score rendah

mengisyaratkan account itu ialah account asli atau dikontrol manusia untuk pemakai langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *