Apa Itu NFC Pada HP? Ini Keterangan serta Peranan Selengkapnya!

Posted on

Nyaris di semua handphone paling baru mempunyai feature NFC. Tetapi, apakah itu NFC pada smartphone? Apa peranan NFC? Baca penjelasan sedetailnya di sini!

Jika kamu memerhatikan perubahan handphone belakangan ini, sadar tidak sich jika sebagian besar handphone baru punyai feature NFC?

Rerata, handphone menengah serta flagship sudah diberi oleh feature itu. Tentu kamu ingin tahu kan mengapa beberapa produsen handphone lakukan hal itu?

Pada tulisan kesempatan ini, Jaka akan jelasin mengenai NFC dengan cara komplet dan peranan apa yang dapat dilakukan!

Apa Itu NFC?

NFC apa itu, sich? NFC adalah singkatan dari Near-field Communication serta pertama-tama dipatenkan oleh Charles Walton di tahun 1983.

Dengan singkat, NFC ialah seperti prosedur komunikasi jarak pendek yang membuat dua alat elektronik dapat terhubung keduanya.

NFC ditingkatkan dari RFID (Radio Frequency Identification). Antena yang dipakai NFC semakin pendek dibanding gelombang signal operator untuk menahan ada intervensi.

HP Android pertama yang sediakan feature NFC ialah Samsung Nexus S yang dikeluarkan di tahun 2010.

Sering, NFC telah terinstal pada handphone keluaran paling baru. Dengan begitu, kamu dapat mengalihkan data dengan cepat dalam jarak dekat tanpa ada perlu memakai kabel atau bluetooth.

Mudah-mudahan keterangan di atas dapat memberi kepuasan pertanyaan apakah itu NFC ya, geng!

Langkah Memakai NFC
Untuk ketahui apa handphonemu mempunyai feature NFC atau mungkin tidak, coba cek di Settings > Wireless & Networks. Kamu dapat lihat ada menu NFC bila handphonemu memiliki.

Ingin NFC di Samsung atau NFC Xiaomi triknya sama kok, geng. Langkah memakai NFC-nya juga bergantung piranti NFC satunya. Jika jenis e-Money, kamu tinggal melekatkannya dibagian belakang HP.

Bagaimana dengan iPhone? NFC di iPhone pertama-tama berada di generasi iPhone 6 untuk memberikan dukungan Apple Pay. Saat itu, NFC yang berada di Apple belum dapat membaca atau kirim data. Feature itu baru ada pada iPhone 7 ke atas

Langkah Kerja NFC

NFC bisa bekerja pada radius 4 cm, hingga piranti NFC yang akan dihubungkan harus ada pada jarak yang benar-benar dekat.

Langkah kerjanya sendiri dengan mentransmisikan atau terima data lewat gelombang radio. Ini tidak sama dengan Bluetooth yang kerja memakai induksi elektromagnetik.

Piranti NFC sendiri terdiri jadi dua, yaitu aktif serta pasif. Handphone yang kamu pakai termasuk juga ke piranti aktif sebab dapat kirim serta terima data.

Sebaliknya, piranti pasif cuma dapat mengirim info semata-mata hingga tidak memerlukan daya. Contoh yang termudah ialah e-mney serta eKTP.

Untuk piranti aktif, handphone mempunyai ke-3 model NFC, yaitu:

  • Reader/writer, untuk membaca info seperti ketahui saldo eMoney
  • Card emulation, untuk membayar digital
  • Peer-to-peer, untuk transfer file

Kelebihan serta Kekurangan NFC

Kamu sempat transfer lagu memakai infrared? Bila iya, berarti harusnya kamu saat ini telah punyai istri serta anak satu. Sama dengan infrared, NFC ialah alat untuk lakukan transfer data.

Bila dibanding dengan beberapa sesepuhnya, NFC jelas mempunyai beberapa kelebihan. NFC tidak memerlukan daya yang besar untuk dapat dipakai. Kecepatan tersambungnya piranti juga cepat, di bawah 10 detik.

Walau termasuk juga tehnologi canggih, bukan bermakna NFC tidak mempunyai kekurangan. Bila dibanding Bluetooth, kecepatan transfer NFC semakin lamban.

Disamping itu, belum semua handphone mempunyai feature ini hingga kurang ringkas. Banding dengan Bluetooth yang berada di tiap handphone.

Peranan Feature NFC
Untuk salah satunya cara untuk menyambungkan dua piranti, ada banyak peranan NFC yang perlu kami kenali, geng!

Tidak hanya untuk cek saldo e-toll, masih banyak manfaat NFC yang harus kamu gunakan. Apa sajakah?

1. Koneksi ke Perangkat Lain

Pada umumnya, peranan penting dari NFC ialah menyambungkan dua piranti dengan cara dua arah, terima serta kirim info. Koneksi itu tidak tergantung pada jaringan Wi-Fi atau LTE.

Tidak sama dengan Bluetooth yang perlu lakukan pairing terlebih dulu, NFC tinggal tempel supaya bisa terhubung.

Praktisnya koneksi NFC itu digunakan untuk beberapa hal, seperti menyambungkan handphone ke wireless router, headset, atau speaker yang telah diperlengkapi NFC.

2. Transfer File

Closeup hands holding mobile phone with application for send and receive money. Man and woman holding smartphone and making payment transaction. Smart phone screen displaying payment sent and money received message after transaction.Peranan NFC pada HP setelah itu mentransfer file yang berada di handphone kamu ke handphone rekan kamu cukup dengan tempelkan ke-2 handphone itu.

Kamu dapat kirim nomor telephone, gambar, dokumen, dan lain-lain dengan mudah dan cepat. Harus diingat, kecepatannya semakin lamban dibanding transfer memakai Bluetooth.

Tetapi, kecuali handphone kamu yang punyai feature NFC, handphone rekan kamu juga harus juga memiliki feature ini.

3. Untuk Pembayaran Cashless

Di masa dimana arti cashless makin kencang digaungkan, kedatangan NFC yang dapat jadi alat pembayaran yang benar-benar ringkas.

Kamu perlu tempelkan handphone-mu ke alat spesifik. Nanti, NFC akan memberi data yang diperlukan hingga proses pembayaran dapat diolah secara cepat.

Samsung Pay, Apple Pay, Google Pay, semua manfaatkan tehnologi NFC untuk cara pembayaran. Sayangnya, pemakaian NFC di Indonesia sendiri belum begitu optimal hingga kita belum dapat memakai sejumlah fitur itu.

Sekarang ini, **penggunaan NFC di Indonesia baru sebatas dapat dipakai untuk memeriksa saldo serta Teratas Up e-wallet **oleh beberapa bank pemerintah serta Swasta saja.

4. NFC Tag

NFC Tag sebuah tag atau stiker kecil yang memiliki kandungan chip NFC. Umumnya, tag ini berisi alamat situs atau aksi spesifik di HP seperti menghidupkan Wi-Fi atau buka aplikasi spesifik.

Kelebihan NFC Tag ialah kamu tak perlu aplikasi penambahan seperti QR Kode. Kamu cukup tempelkan HP-mu ke tag itu untuk memperoleh info yang diperlukan.

NFC Tag sendiri telah digunakan untuk beberapa bagian, sama dengan beberapa toko atau perusahaan untuk memperlihatkan detil harga serta barang, dan mengidentifikasi tempat.

5. Akses Indormasi Smart Card

Peranan NFC di handphone yang paling akhir ialah kekuatannya membaca data, termasuk juga smart card yang makin banyak macamnya.

Kamu dapat memeriksa saldo e-money, memeriksa jati diri pada e-KTP milikmu, sampai isi saldo untuk kartu e-Toll. Triknya juga benar-benar gampang serta ringkas. Kamu cukup tempelkan kartu ke sisi belakang handphone.

Nanti, pirantimu akan mengetahui dengan cara automatis serta merekomendasikan aplikasi apakah yang dapat dipakai untuk terhubung info kartu itu.

Akhir Kata
Itu geng pemahaman serta peranan NFC yang penting kamu kenali. Rupanya, terdapat beberapa hal yang dapat dilaksanakan dengan NFC, ya!

Telah jelas dong keterangan Jaka tentang apakah itu NFC serta pemakaiannya di Indonesia sekarang ini?

Nah, sesudah membaca artikel ini, kamu dapat mulai manfaatkan feature NFC yang berada di handphone kamu lebih maksimal lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *