Langkah Memakai E-Toll Agar Transaksi di GTO Aman serta Efektif!

Posted on

Skema pembayaran elektronik sekarang ini telah diaplikasikan pada jalan tol dengan memakai Gardu Tol Automatis (GTO). Nah agar transaksi di GTO semakin aman serta efektif, berikut Jaka bahas langkah memakai e-Toll yang pas serta terlepas dari permasalahan.
Sebelum memakainya, kamu tentunya sudah tahu langkah beli kartu e-Toll serta dimanapun tempat untuk memperolehnya. Umumnya , kamu juga beli dan saldonya , kan?

Nah sekarang untuk lakukan transaksi dengan memakai kartu elektronik ini, Jaka akan membahas tentang langkah memakai e-Toll agar transaksi di GTO aman serta efektif guys. Yuk baca sedetailnya!

Ini Langkah Gampang serta Aman Lakukan Transaksi dengan E-Toll di GTO

Seperti kamu kenali, sekarang ini hampir keseluruhnya tol di Indonesia memakai skema pembayaran elektronik lewat Gardu Tol Automatis (GTO). Untuk membayar, kamu perlu memakai kartu e-Toll yang pasti telah kamu punya awalnya.

Kecuali dengan tempelkan kartu e-Toll pada GTO, sekarang ada skema transaksi automatis yang serta membuat pengendara tak perlu tempelkan kartu mereka serta tanpa ada perlu buka kaca mobil loh. Ingin tahu?

Karena itu kesempatan ini Jaka akan membahas langkah transaksi e-Toll di GTO dengan gampang serta efektif yang dapat kamu kerjakan secara dua cara berikut ini guys.

1. Tempelkan Kartu e-Toll pada GTO

Semenjak pertama-tama dikeluarkan, kamu beberapa pemakai jalan tol diwajibkan untuk lakukan transaksi dengan memakai kartu e-Toll dengan melekatkannya pada mesin pembaca (reader) yang ada di Gardu Tol Automatis (GTO).

Untuk cara pertama ini, kamu harus buka kaca jendela serta tempelkan kartu e-Toll pada tempat yang disiapkan. Bila begitu jauh, kamu juga dapat juga memakai pertolongan aksesori unik namanya tongtol alias tongkat e-Toll, tanpa ada perlu mengganggu transaksi.

Skema pembayaran ini telah berlaku sebagian besar GTO yang berada di jalan tol di Indonesia. Untuk langkah memakai e-Toll pada GTO, kamu dapat baca tutorial berikut ini:

  • Tekankan kamu telah mempunyai kartu e-Toll yang mempunyai saldo yang ideal untuk lewat jalan tol.
  • Waktu masuk Gardu Tol Automatis (GTO), kamu tinggal lekatkan kartu e-Toll pada mesin pembaca yang disiapkan. Umumnya akan ada tulisan “Tempel di Sini”.
  • Lalu pada monitor yang berada di depan, akan diperlihatkan biaya tol yang terpotong serta tersisa saldo yang masih tetap sisa di kartu e-Toll kamu. Nantikan sampai palang tol terbuka.
  • Kemudian kamu tinggal tarik kembali lagi kartu e-Toll dari mesin pembaca serta mengambil struk bila disiapkan.
  • Taruh kartu e-Toll semasa perjalanan. Serta pada pintu keluar tol, kamu tinggal lakukan cara yang sama bila masuk GTO.
  • Bila pembayaran masih memakai skema manual, kamu tinggal beri kartu e-Toll pada petugas untuk menolong transaksi. Kartu akan dikembalikan dan struk transaksi serta kamu dapat meneruskan perjalanan.

Skema pembayaran elektronik sekarang ini telah diaplikasikan pada jalan tol dengan memakai Gardu Tol Automatis (GTO). Nah agar transaksi di GTO semakin aman serta efektif, berikut Jaka bahas langkah memakai e-Toll yang pas serta terlepas dari permasalahan.

2. Memakai OBU e-Toll Pass Mandiri

Tidak mau repot membuka kaca mobil serta menjulurkan tangan untuk transaksi dengan kartu e-Toll di GTO? Kamu dapat memakai alat namanya On Board Unit (OBU) untuk memudahkan transaksi dengan skema deteksi automatis.

Sekarang ini OBU yang beredar banyak masih berbentuk e-Toll Pass Mandiri yang cuma dapat dipakai pada kartu e-Money yang diedarkan oleh Bank Mandiri. Sesaat bank-bank lain belum juga dapat memakainya.

Untuk mempunyai e-Toll Pass Mandiri ini kamu cuma mengambil kantong Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu dengan membeli di e-commerce. Umumnya telah termasuk juga kartu e-Toll baik yang kosongan atau yang telah berisi saldo.

Nah untuk beberapa langkah instalasi perlengkapan e-Toll Pass Mandiri serta langkah pemakaiannya, kamu dapat baca sedetailnya berikut ini guys.

  • Instalasi OBU e-Toll Pass Mandiri kamu cukup melekatkannya pada kaca mobil sisi tengah, contohnya dekat spion dibagian tengah.
  • Di sini OBU sudah diperlengkapi dengan satu kartu e-Money. Tekankan saldo memenuhi dengan menyaksikannya pada panel LCD yang ada pada OBU.
  • Untuk memakai OBU, tekankan gerbang tol yang kamu lalui telah mempunyai simbol OBU atau e-Toll Pass OK yang ada sebelum kamu masuk.
  • Untuk memudahkan transaksi, jaga kecepatan kendaraan sampai kira-kira 10 km/jam waktu masuk GTO.
  • OBU akan memberi tanda berbentuk bunyi “bip’ sesudah sukses lakukan transaksi. Umumnya proses ini cuma memerlukan waktu seputar 2 detik saja.
  • Gerbang tol akan terbuka serta kamu akan diperlihatkan tersisa saldo kartu e-Toll pada monitor yang disiapkan di GTO. Kamu juga dapat meneruskan kembali lagi perjalanan.

Sayangnya, belum semua GTO mempunyai skema e-Toll Pass atau OBU hingga kamu harus bawa kartu e-Toll cadangan untuk lakukan transaksi guys.

Akhir Kata
Nah demikianlah cara serta langkah memakai e-Toll di GTO dengan aman serta efektif, baik memakai langkah konservatif atau melalui OBU. Mana yang ringkas menurutmu? Jika menurut Jaka, OBU semakin efektif walaupun harus mengambil kantong semakin. Selamat coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *